Senin, Januari 26, 2009

Penangangan Anak Cengeng & Bulying

By Novian TJ

Bagi seorang anak cara terbaik dalam memberikan Nasehat adalah dengan Cerita atau Metaphora, menurut Psikolog dari San Diego Michael Yapko berkata bahwa Cerita adalah alat pengajaran efektif yang telah dipakai sepanjang sejarah manusia sedangkan Psikolog Ternama dari Australia Elaine Atkinson mengelompokkan cerita berdasarkan Age Developmental Stage mengelompokkan bahwa :
Usia Preschool - Cerita dengan Menggunakan Mainan/Boneka
Usia TK - Cerita dengan Topik Binatang
Usia Awal Sekolah - Cerita dengan Topik Heroik dan Tokoh Kartun
Usia Remaja Belia - Cerita sehari hari berhubungan dengan Idola
Usia Dewasa - Cerita aktual sehari hari

Tips Efektif dalam Bercerita

1. Bangkitkan Rasa Ingin Tahu Mereka
2. Bangun Imaginasinya, Gunakan Emosi dan seluruh Indera
3. Masukan Point Nasehat secara alami
4. Ikutkan Mereka dalam Cerita
5. Bantu Mereka Berpikir

Saya Sharingkan Metaphora untuk Kasus Bulying anak TK B

Pernah ke Taman Safari? Kakak punya pengalaman Seru Banget waktu di Taman Safari, Waktu itu Ada Beruang Besar yang Mengamuk, Mau Dengar gak ceritanya?

Kakak kan waktu itu bareng bareng sama teman naik Mobil Kijang warna Merah, KeTaman Safari, waktu itu siang hari sekitar jam 12 siang, Ketika sampai sana, ada seekor beruang besar kira kira tingginya sedikit lebih tinggi dari Kakak, warnanya Hitam, yang kelihatannya lagi lapar, coba Dik kamu bayangkan kalau beruang Hitam setinggi itu lagi lapar, Wah Pasti Serem Deh mungkin Karena laparnya dia mengamuk….. WOOOO…..Hmmmmh suaranya sepertinya terdengar “Saya Lapar,… Mana Makanan” Semua binatang lain pada berlari ketakutan, terus kakak lihat ada seekor Rusa, dia Tidak Tahu kalau Beruang itu ada dibelakangnya dan ketika dia menengok kebelakang ternyata Beruang itu sudah berada dibelakangnya dan siap menerkam…… Terus menurut Kamu apa yang dilakukan sang Rusa?

Kakak terusin ya, kelihatannya sang Rusa itu Cerdik…. Karena Rusa itu meskipun kecil dia tidak mau disakiti atau dibuat menangis sama yang lain . Lalu Rusa itu pun berpikir Bagaimana ya caranya agar Beruang itu Tidak menyakiti saya, Nah Akhirnya Rusa itu ada Akal, Kebetulan didepan Dia Ada Pohon Besar Tumbang, Lalu Rusa Itu mendorong dorongkan kepalanya kePohon itu sambil berbunyi, sepertinya terdengar “Aku lagi kesal nih, Makanya Pohon ini aku Rubuhkan”

Mendengar dan Melihat hal Itu Beruang Besar Jadi ketakutan dari Mukanya kakak lihat dia Berpikir “Wow Rusa Sekecil ini bisa merubuhkan Pohon Sebesar Itu” Lalu seketika Beruang itupun lari ketakutan. Coba kalau Rusa itu Menangis pasti dia akan diterkam atau dipukul oleh sang Beruang, nah karena dia pintar dan berpikir makanya dia bisa mengalahkan Beruang, Jadi yang lebih kecil itu belum tentu kalah LHO… Kalau Adik misalkan jadi Rusa dan teman teman yang Jahat itu Beruangnya, Apa yang akan Adik lakukan, misalkan Beruang itu Merebut Mainan Kamu?

Kalimat dengan huruf tebal adalah untuk Membangkitkan rasa ingin tahu mereka, meng ikutkan mereka dalam cerita dan membantu mereka berpikir.

Sedangkan yang italic dengan garis bawah adalah Point poin nasehat untuk mereka.

Untuk kasus anak yang melakukan Bulying tinggal diarahkan saja ceritanya bahwa anak itu menjadi rusa lalu dipukul atau dicakar oleh beruang, apa yang kamu rasakan bila rusa sekecil itu disakiti? Kalau teman teman kamu itu adalah rusa yang kecil kecil, kira kira mereka sakit dan menangis gak ya?

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar